Welcome to our blog, hope always give you many benefit in your life** tugas kita adalah untuk berbagi dan belajar


AKHLAK DAN ETIKA

MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Tafsir
Dosen Pengampu: Agus Khunaifi, M. Ag





Disusun Oleh :
Shofa Nurmadana                   (133711012)
Fiki Himmatul Aliyah             (133711017)
Ranum Saputri                        (133711018)
Kelas : TK-4A
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2015

BAB I
PENDAHULUAN
   A.LatarBelakang                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
Semua makhluk yang hidup di muka bumi ini tidak pernah terlepas dari keputusan Allah SWT. Roda kehidupan akan senantiasa berputar, dari kesedihan sampai kebahagiaan. Keduanya akan datang silih berganti. Dalam hal ini, manusia wajib berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Allah lebih melihat pada usaha yang dilakukan manusia daripada hasil yang diperolehnya.
Rasulullah saw telah menetapkan tujuan pertama dari misinya dan cara yang terang dalam dakwahnya, yaitu dengan sabda beliau yang menegaskan : “Sesungguhnya aku hanya diutus untuk menyempurnakan budi pekerti luhur”.  Jadi nabi mengajak kita untuk mengamalkan akhlak terpuji sehingga menjadi insan yang kaffah. Ketika muncul kesadaran untuk mengamalkan akhlak terpuji sebanyak mungkin kepada orang lain, maka akan mampu melahirkan sikap dasar untuk mewujudkan keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam hubungan antar manusia baik pribadi maupun masyarakat lingkungannya. Dengan memiliki etika maka akan menciptakan keadaan sosial yang lebih baik.
Akhlak terpuji dan tercela merupakan hal yang sangat urgen, sehingga sangat penting untuk dipelajari. Oleh karena itu, setiap manusia diharapkan agar senantiasa mengamalkan akhlak terpuji terutama terhadap diri sendiri. Yaitu tingkah laku yang baik yang merupakan tanda kesempurnaan iman seseorang kepada Allah SWT.

B.     Rumusan Masalah
               1.            Bagaimana hubungan akhlak dengan misi utama islam?
               2.            Apa yang dimaksud potensi baik dan buruk?
               3.            Sebutkan beberapa contoh akhlak dan etika pada al-Qur’an?
               4.            Bagaimana mengamalkan akhlak baik dan menjauhi amal buruk?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kedudukan akhlak sebagai misi utama islam
Akhlak merupakan kata hasil adopsi dari Bahasa Arab     أَخْلَاقbentuk jamak dari kataالخُلْقُ   yang bermakna tabiat, budi pekerti.Imam Al-Ghazali (1059-1111 M) menjelaskan lebih lanjut mengenai makna kata akhlak dalam kitabnya, Ihya’ ‘Ulum ad-Din:
عِبَارَةٌ عَنْ هَيْئَةٍ فِى النَّفْسِ رَاسِخَةٌ عَنْهَا تَصْدُرُ الأَفْعَالُ بِسُهُوْلَةٍ وَيُسْرٍ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ اِلَى فِكْرٍ وَرُؤْيَةٍ
“Sifat yang tertanam di dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan ringan dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.”
Dari pengertian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa akhlak merupakan cerminan sifat yang telah terpatri dalam diri manusia berupa perilaku dalam kehidupannya sehari-hari (baik perilaku baik maupun buruk) tanpa adanya rekayasa (perilakun yang dibuat-buat). Perilaku tersebut baik ditujukan pada diri sendiri, pada Allah SWT., maupun pada sesama makhluk Allah SWT.
Akhlak merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia. Setiap perbuatan yang dikerjakan akan sangat berpengaruh dalam kelangsungan kehidupan diri manusia itu sendiri; kebahagiaan dan kesedihannya, kesuksesan dan kegagalannya, keselamatan dan kehancurannya. Karena pentingnya  posisi akhlak bagi manusia, Islam pun memberi porsi khusus pada akhlak. Akhlak sebagi misi utama Islam.
 Sebagaimana firman Allah pada QS.Al-Qalam ayat 4:
 وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٖ ٤
“ Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung”
     Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:
اِنَّمَا بُعِثْتُ لِاُتَمِّمَ مَكَارِمَ الْاَخْلَاقِ. (رواه ا لبيهقي عن أبي هريرة)
“Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak mulia (dari manusia)”. (H.R.Al-Baihaqi dan Abu Hurairah).[1]
     Sementara itu dalam dalam  buku Tafsir Al-Lubab, M. Quraisy Syihab juga  dikemukakan bahwa Nabi Muhammad SAW., bukan saja berakhlak mulia, tetapi beliau berada “di atas” akhlak yang mulia. Karna itulah sehingga Nabi ditegur jika beliau sekedar bersikap baik yang telah biasa dilakukan oleh orang-oarang yang dinilai sebagai berakhlak mulia.  Dalam diri Nabi Muhammad SAW., terhimpun secara sempurna segala sifat terpuji dalam aneka tipe dan kecenderungan manusia: Pemikir, Pekerja, Seniman dan yang berkonsentrasi dalam hal ibadah. Apapun tipe kepribadian seseorang, maka ia dapat menemukan tipe teladan yang baik dari sosok Nabi agung itu.
Maka diharapkan, dengan bercermin terhadap perilaku-perilaku yang luhur dari sang pemilik akhlak mulia sejati, Muhammad SAW., tersampaikanlah misi utama Islam, membentuk pribadi umat yang berakhlak mulia sehingga tercapai tujuan kehidupan yang diridhai Allah SWT., serta mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan dunia-akhirat[2].
Akhlak dipahami oleh banyak pakar dalam arti kondi kejiwaan yang menjadikan pemiliknya melakukan sesuatu secara mudah, tanpa memaksakan diri, bahkan melakukannya secara otomatis.
B.     Potensi baik dan potensi buruk
Yang dimaksud perbuatan baik adalah sesuatu yang telah mencapai kesempurnaan, sesuatu yang menimbulkan rasa keharusan dalam kepuasan, kesenangan, persesuaian dan sebagainya. Sesuatu yang mempunyai nilai kebenaran atau nilai yang diharapkan, yang memberikan kepuasan, sesuatu yang dengan keinginan yang bersifat fitroh. sesuatu hal dapat dikatakan baik bila ia mendatangkan rahmat, berkah, memberikan rasa senang atau bahagia.
Adapun yang dimaksud perbuatan buruk yaitu sesuatu yang tidak baik yang tidak seperti seharusnya, tidak sempurna dalam kualitas, dibawah standar, kurang , kurang dalam nilai dan tidak mencukupi. Sesuatu yang keji, jahat, tidak bermoral dan tidak menyenangkan adalah sesuatu yang tecela karena melanggar norma-norma atau aturan-aturan yang ditetapkan oleh syara’(agama).
Ukuran baik dan buruk menurut pandangan masing-masing masyarakat memang berbeda, ada yang melihatnya baik, dan ada yang melihatnya buruk. Pada umumnya manusia berselisih pendapat untuk menilai baik buruknya seseorang. Dalam menetapkan suatu nilai pada manusia, yaitu dengan menetapkan nilai perbuatan yang mendasar pada manusia, serta cara melakukan perbuatan itu. Meskipun seseorang mempunyai nilai baik, namun dia melakukan dengan cara yang salah maka dinilai tercela, karena dia salah melakukan perbuatannya, bukan tercela karena niatnya.  Dan jika untuk menilai baik buruknya seseorang maka dengan dilandaskan pada ajaran islam. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nisa(59).
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا()
Artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’ati Rasul-Nya dan orang-orang yang memegang kekuasaan diantara kamu, kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesutau maka kembalikanlah kepada Allah dan hari kemudian. Yang
C.    Contoh Akhlak dan etika pada al-Qur’an
Dalam pandangan islam, akhlak mulia diukur dengan kesesuaian akhlak itu dengan sifat dasar manusia atau jati dirinya. Semakin sesuai sifatnya, maka semakin terpuji ia, dan begitupula sebaliknya. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa akhlak manusia yang terpuji adalah sifat dan tingkah lakunya dapat mencerminkan sifat-sifat Allah sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk dan hamba Allah SWT.
Contoh-contoh akhlak mulia banyak sekali. Diantaranya seperti yang dijelaskn dakam Qs. Luqman: 13-19.
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.”
  وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ (١٤) وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلى أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا وَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُون ١٥
14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. [9]Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah[10], dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.
15. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang engkau tidak mempunyai ilmu tentang itu, maka janganlah engkau menaati keduany, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku tempat kembalimu, maka akan Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
  يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الأرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ (١٦) يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأمُورِ (١٧) وَلا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (١٨)وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الأصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ (١٩
16. (Luqman berkata), "Wahai anakku! Sungguh, jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di bumi, niscaya Allah akan memberinya balasan. Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Mahateliti.
17. Wahai anakku! Laksanakanlah shalat dan suruhlah (manusia) berbuat yang ma’ruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.
18. Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.
19. Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.[3]
Ditemukan nasihat Luqman as. Kepada anaknya dalam rangka mendidiknya guna berakhlak mulia.
1.  Hal pertama yang ditekankan oleh Luqman terhadap anaknya adalah pelunya menghindari syirik/ mempersekutukan Allah yang kemudian beliau lukiskan sifat-Nya sebagai Maha Mengetahui sehingga  “jika ada sesuatu (perbuatan baik atau buruk walau  seberat biji sawi, dan berada (pada tempat yang paling tersembunyi, misalnya) dalam batu karang ( sekecil, sesempit, dan sekokoh apapun batu itu), atau dilangit (yang demikian luas dan tinggi) atau didalam (perut) bumi yang sedemikian dalam , bahkan dimanapun keberadaannya) niscaya Allah akan mendatangkannya (lalu memperhitungkan dan memberinya balsan). Sesungguhnya Allah Maha halus (menjangkau segala sesuatu) lagi Maha Mengetahui (segala sesuatu, sehingga tidak satupun luput dari-Nya). Demikian butir pertama nasihat Luqman. 
Dalam hal ini titik tolak ukur yang dapat dikatakan akhlak mulia yaitu karena adanya kepercayaan akan Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi titik akhlak yang luhur. Bukan kekuatan, jika kekuatan yang menjadi tolak ukur akhlak luhur, maka berarti menjadikan anggota masyarakat terpecah menjadi dua kelompok yaitu kuat dan lemah. Lalu menjadikan yang lemah itu sebagai suatu yang hina, dan tidak mempunyai kesempatan untuk meraihnya, kecuali penghinaan. Dan Allah bukan hanya untuk orang-orang yang kuat saja, namun juga untuk mereka yang lemah.
Buah kepercayaan ini antara lain keutuhan pribadi dan kepercayaan diri yang mana dapat menghilangkan sikap tercela sehingga menghasilkan sikap terpuji. Mereka yang mempercayai keesaan Tuhan dan hanya patuh pada satu pihak, ia pasti tidak akan bingung karena telah memiliki sifat-sifat terpuji dan merasa kuat bahwa mereka merasa dibantu oleh-Nya. Sehingga dia akan lebih berani, mempunyai sifat optimisme yang tinggi, berani walau tanpa kawan, merasa ramai walau sendirian dan merasa kaya dengan tangan hampa.
Dan jika telah tumbuh suatu kepercayaan yang mantap, maka sifat burukpun akan dapat dihindari.karena sifat bohong, khianat, culas serta sifat buruk-buruk yang lain tidak akan bisa sedikitpun menyentuh mereka yang mempunyai kepercayaan dengan mantap.
2.  Hal kedua yang ditekankan Luqman adalah berbakti kepada kedua orang tua, lebih-lebih ibu.
Dalam hal ini sikap seseorang tidak dapat dikatakan mempunyai akhlak mulia jika tidak menghormati dan berbakti kepada kedua orangtuanya, apapun agama dan kepercayaan orang tuanya, walau berbeda keyakinan terhadap mereka.
Bentuk bakti dalam konteks ini sangat banyak, seperti ulasan Rasyid Ridha dalam tafsir Al-Manar ketika menafsirkan firman Allah dalam Qs. An-Nisa: 35 antara lain.
Harus dipahami bahw abkati kepada orang tua yang diperintahkan agama islam adalah bersikap sopan santun kepada keduanya dalam ucapan dan perbuatansesuai dengan adat dan kebiasaan masyarakat, sehingga mereka merasa senang terhadap kita. Bakti kepada mereka bagi anak yang telah dewasa dan mampu juga berarti mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka yang sah dan wajar sesuai dengan kemampuan anak. Tidak termasuk sedikitpun dalam kewajiban berbakti kepada keduanya sesuatu yang mencabut kemerdekaan dan kebebasan pribadi atau rumah tangga atau jenis-jenis pekerjaan yang bersangkut paut dengan pribadi anak, agama atau negaranya. jqdi apabila keduanya atau salah seorang bermaksud memaksakan pendapatnya menyangkut kegiatan-kegiatan anak, maka itu bukanlah bagian berbuat baik atau bakti menurut syara’/agama.
3.  Hal ketiga yang ditekankan Luqman adalah mengikuti mereka yang menerapkan tuntunan Ilahi dan selalu kembali kepada-Nya. Mengikuti mereka dalam prinsip hidup mereka serta pijakan langkah mereka.
4.  Hal keempat adalah melaksanakan shalat secara baik dan bersinambung.
5.  Menganjurkan makruf dan mencegah kemungkaran
Al-ma’ruf adalah sesuatu yang baik menurut pandangan namun satu masyarakat sejalan dengan prinsip-prinsip kebajikan yang universal.
6.  Sabar dan tabah dalam menghadapi hidup
Sabar mewujud dalam diri dan seseorang yang mampu melakukan dorongan nafsunya namun dapat ditahan demi mencapai sesuatu yang baik atau lebih baik. Dengan demikian orang yang sabar adalh mereka yang kuat, bukan yang lemah.
7.  Tidak angkuh dan berbangga-bangga tanpa dasar.
Keangkuhan diartikan oleh pakar-pakar agama sebgai menolak/ mengabaikan kebenaran atau kenyataan serta mengurangi hak orang lain. Keangkuhan biasanya pertama kali lahir dari rasa rendah diri dan kegagalan yang ingin ditutup-tutupi dengan keangkuhan itu.
8.  Tidak berhura-hura dijalan, tidak juga berteriak-teriak.
Pada QS. An-Nisa ayat 86
وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا
 “Dan apabila kamu dihormati dengan suatu salam penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik atau balasalh (penghormatan itu) yang sepadan dengannya, sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu”.(QS. An-Nisa: 86)
Dalam interaksi sosial Allah dan Rasul-Nya berpesan agar menyearluaskan kedamaian antar seluruh anggota masyarakat , kecil atua besar, dikenal atau tidak dikenal. Ketima Nabi SAW ditanya tentang praktik keislaman yang baik, beliau bersabda: “memberi pangan dan mengucapkan salam kepada yang anda kenal dan yang tidak anda kenal (HR. Bukhari dan Muslim).
Yang perlu anda garis bawahi pada sabda Nabi diatas: perlu diingat bahwa ucapan salam yang dianjurkan untuk diucapkan adalah assalamu’alaikum. Sama dengan yang diucapkan Nabi Ibrahim As. Yakni salam yang sifatnya sepuluh ganjaran bila ditambah dengan warahmatullah. Menjadi dua puluh, dan bila disertai lagi dengan wabarakatuh ganjaran menjadi genap tiga puluh (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi melalui Ibn al- Hushain ra.)
D.    Mengamalkan akhlak baik dan menjauhi akhlak buruk
Sifat Mahmudah atau juga dikenali dengan akhlak terpuji ialah sifat yang lahir didalam diri seseorang yang menjalani pembersihan jiwa dari sifat-sifat yang keji dan hina (sifat mazmumah). Sifat Mazmumah boleh dianggap seperti racun-racun yang boleh membunuh manusia secara tidak disedari dan sifat ini berlawanan dengan sifat mahmudah yang sentiasa mengajak dan menyuruh manusia melakukan kebaikan.  Oleh itu, dalam Islam, yang menjadi pengukur bagi menyatakan sifat seseorang itu sama ada baik atau buruk adalah berdasarkan kepada akhlak dan perilaku yang dimilik oleh seseorang.
Dalam mengamalkan sifat-sifat mahmudah atau etika hidup yang murni, ada beberapa aspek antaranya :
1.      Akhlak Terhadap Diri Sendiri, seperti menjaga kesihatan diri, membersih jiwa daripada akhlak yang buruk dan keji serta tidak melakukan perkara-perkara maksiat.
2.      Akhlak Terhadap Keluarga, seperti pergaulan dan komunikasi yang baik antara suami isteri, berbuat baik kepada kedua ibu bapa, menghormati yang lebih tua dan mengasihi orang-orang muda daripada kita.
3.      Akhlak Terhadap Masyarakat, seperti sentiasa menjaga amanah, menepati janji, berlaku adil, menjadi saksi yang benar dan sebagainya.[4]
Akhlak dapat dibentuk dengan baik sekiranya kita benar-benar mengikuti yang telah disyariatkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Diantara jalan terbaik untuk membentuk akhlak yang mulia ialah :
1.    Mempunyai Ilmu Pengetahuan. setiap mukmin perlu mempelajari apakah yang dimaksudkan dengan akhlak terpuji (akhlak mahmudah) dan membedakan dengan akhlak yang keji ( akhlak mazmumah ).
2.    memahmi dan mengamalkan akhlakul karimah dan menghindarkan dari akhlak tercela sebagai perwujudan kesempurnaan ke Islaman dan keimanan kita dalam segala aspek kehidupan.
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُواْ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لاَ تَعْلَمُونَ
 “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (Al-Baqarah: 30)
2.   Menggali sumber akhlak Islam dari Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW dan diamalkan dalam kehidupan yang akan membawa kemaslahaan dan kemuliaan hidup. Hal-hal di atas dilakukan karena di dalam ajaran Islam, akhlak menempati kedudukan yang utama dan pokok. Akhlak yang baik akan menitikberatkan timbangan kebaikan seseorang pada pada hari kiamat. Menurut Abdullah Ibnu Umar, orang yang paling dicintai dan paling dekat dengan Rasulullah SAW, pada hari kiamat adalah yang paling baik akhlaknya.[5]
3.    Menyadari pentignynya akhlak yyang diamalkan. Ini kerana akhlak merupakan cermin diri bagi seseorang muslim dan membawa imej Islam, daya tarikan Islam juga bergantung kepada akhlak yang dimiliki oleh umat islam.[6]
4.        Mempunyai dan memahami pedoman dari umat islam yakni Alquran dan sunnah sehigga manusia terjaga dari kesesatan.





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
  1. Akhlak merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia. Setiap perbuatan yang dikerjakan akan sangat berpengaruh dalam kelangsungan kehidupan diri manusia itu sendiri; kebahagiaan dan kesedihannya, kesuksesan dan kegagalannya, keselamatan dan kehancurannya. Karena pentingnya  posisi akhlak bagi manusia, Islam pun memberi porsi khusus pada akhlak. Akhlak sebagi misi utama Islam.
  2. Ukuran baik dan buruk menurut pandangan masing-masing masyarakat berbeda-beda, ada yang melihatnya baik, dan ada yang melihatnya buruk. Pada umumnya manusia berselisih pendapat untuk menilai baik buruknya seseorang, namun ketika setiap perbuatan kita berdasarkan aturan Allah SWT maka pasti baiknya.
  3. Dalil yang mmberikan gambaran contoh etika didalam al-Qur’an diantaraanya ada pada Qs. An nisa: 86 dan Qs. Al-Luqman: 13-19.
  4. Diantara jalan terbaik untuk membentuk akhlak yang mulia ialah :
Mempunyai ilmu pengetahuan, memahmi dan mengamalkan akhlakul karimah dan menghindarkan dari akhlak tercela sebagai perwujudan kesempurnaan ke Islaman dan keimanan kita dalam segala aspek kehidupan.












DAFTAR PUSTAKA

Alim. Muhammad  Pendidikan Agama Islam (Bandung: Rosda, 2006)
Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya(edisi yang disempurnakan) Jilid X, (Jakarta: Penerbit Lentera Abadi,2010)
Mahfud. Rois. Al Islam, (Jakarta : Erlangga, 2011)
Quraisy. M Syihab, Tafsir Al-Lubab; Buku 4, (Tanggerang: Lentera Hati, 2012)
https://khultur.wordpress.com/2011/09/12/an-nisa-ayat86/ diakses pada tanggal 6 Mei 2015 pukul 03.09 WIB



[1]Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya(edisi yang disempurnakan) Jilid X, (Jakarta:Penerbit Lentera Abadi,2010) hlm.267-268.
[2]M.Quraisy Syihab, Tafsir Al-Lubab; Buku 4, (Tanggerang: Lentera Hati, 2012), hlm. 352.
[3] https://khultur.wordpress.com/2011/09/12/an-nisa-ayat86/ diakses pada tanggal 6 Mei 2015 pukul 03.09 WIB
[4] Muhammad alim,  Pendidikan Agama Islam (Bandung: Rosda, 2006), hlm. 91
[5] Rois Mahfud, Al Islam, (Jakarta : Erlangga, 2011), hlm. 10

Diposting oleh Ranum on Kamis, 07 Mei 2015

1 Responses to Makalah Akhlak dan Etika

  1. Unknown Says:
  2. berikut blog paling lengkap dan inspiratif yang menerangkan akhlak mulia... http://goldenmanners.blogspot.co.id/

     

Posting Komentar

Entri Populer

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates