Welcome to our blog, hope always give you many benefit in your life** tugas kita adalah untuk berbagi dan belajar


Disusun Oleh: Bapak Muslim S. Pd
Sekolah: MTs. Yaspia. Ngroto
Alamat: Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Jateng 58164

 


KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji sukur selalu kami limpahkan pada Allah SWT  yang telah memberi hidayah, inayah serta karunianya sehingga kami dapat melaksanakan dan melanjutkan tugas kami dalam membimbing siswa dan siswi kami dengan harapan semoga dalam proses belajar mereka mendapat ilmu yang bermanfaat.
            Solawat serta salam semoga selalu dilimpahkan pada Rosulullah SAW, kepada keluarganya. sahabatnya dan pengikutnya yang selalu menjunjung tinggi ilmu pengetahuan  amin.
Buku ini kami tulis dalam bentuk modul sebagai metode atau suatu cara dalam mengetahui pengelolaan laboratorium secara umum dan menyeluruh tapi dalam tampilan yang sangat praktis sehingga dengan mudah dapat di pelajari bagaimana sebenarnya mengelola laboraturium yang benar.
Selain menggunakan buku panduan yang lain di harapkan para siswa banyak berlatih memecahkan masalah yang menyangkut teknik laboratorium serta praktikum seperti fisika, Biologi, Kimia dan sebagainya.
Penulis menyadari bahwa buku ini banyak kekurangan, untuk itu saran yang mrmbangun akan penulis terima dengan senang hati untuk perbaikan.
Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi siswa-siswi kami kususnya dan pembaca umumnya

Pengelola Laboratorium




TATA LETAK ALAT LABORATORIUM IPA

Penataan alat-alat merupakan sebagian kecil dari fungsi manajemen laboratorium. Untuk dapat memahami penataan alat di lab, kita perlu memahami fungsi dan struktur lab, serta berbabagai aspek terkait dengan manajemen lab. Dalam hal ini, sistem manajemen lab IPA di sekolah.

1. LABORATORIUM IPA
Laboratorium IPA merupakan tempat siswa dan guru belajar
menemukan dan memecahkan masalah IPA. Di Lab, siswa dan guru melakukan penyelidikan dengan pengamatan-pengamatan objekobjek
alam (gejala-gejala alam) dan atau percobaan-percobaan. Bentuk Laboratorium bisa berupa ruang tertutup (dirancang) maupun ruang terbuka (Lingkungan sekitar ; bentang alam).

2. TATA RUANG LAB
Laboratorium paling tidak terdiri dari beberapa ruang
kegiatan penting, meliputi :
1)      Ruang Praktek
Dengan syarat-syarat (bentuk, ukuran,penerangan, ventilasi, kenyamanan, keamanan)
2)      Ruang persiapan
 (tempat preparasi alat – bahan,persiapan kerja, menyusun alat peraga, dst)
3)      Ruang penyimpanan
 (gudang alat penunjang, bahan baku,bahan kimia),
4)      Ruang gelap
 untuk kegiatan yang tdk membutuhkancahaya),
5) Ruang timbang,
6) Ruang Specimen dan kultur
7) Rumah kaca (Green house )

3. PERLENGKAPAN LABORATORIUM IPA
a) Alat-alat Lab : alat peraga, alat ukur, alat optik dan magnetic, alat dasar, alat-alat penunjang, model-model, dll
b) Perabot : meja dan kursi, lemari, rak, meja domonstrasi, dll.
c) Perkakas : obeng, tang, kikir, gergaji
d) Kotak P3K beserta isinya
e) Alat pemadam kebakaran
f) Alat pembersih
g) Buku-buku : Buku inventaris alat-bahan, Buku cacatan kegiatan, Buku peminjaman alat, buku-buku sumber, katalog alat, buku petunjuk, petunjuk operasional alat yang standart, dll.

4.TATA LETAK LABORATORIUM
• Tidak terletak di arah angin agar terhindar dari polusi dari tempat lain
• Mempunyai jarak cukup jauh terhadap sumber air, untuk menghidari pencemaran air.
• Mempunyai saluran pembuangan tersendiri.
•Mempunyai jarak cukup jauh terhadap bangunan lain untuk memperoleh ventilasi yangcukup dan penerangan alami yang optimum.
• Terletak pada bagian yang mudah dikontrol

5. PENGELOLAAN LABORATORIUM
Pengelolaan Lab :
o Proses pendayagunaan sumber daya secara efektif dan efisien,
o Untuk mencapai suatu sasaran yang secara optimal
o Memperhatikan keberlanjutan fungsi sumber daya.
o Berdasar prinsip dan fungsi manajemen yang baik
Aspek pengelolaan Lab meliputi :
o perencanaan,
o pengorganisasian / penataan,
o Directing (pengaturan)
o Pengendalian - pengawasan
o Budgeting/ Anggaran.





6.  PERENCANAAN
Pemikiran sistematis, analitis dan strategis tentang kegiatan yang harus dilakukan, langkah-langkah, metode, sdm /tenaga, dan dana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan secara efektif dan efisien

7.  PENATAAN
Penataan terkait erat dengan pengelompokkan, penempatan, penyimpanan dan kemudahan pemeliharaan dan penggunaannya. Alat-alat Lab IPA dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, seperti :
a)      Alat kegiatan
a.       (pengamatan & pengukuran), seperti mikroskop, osiloskop, perangkat alat optik, kamera, anemometer, kalorimeter, timbangan, dsb
b)      Alat-alat dasar
a.       digunakan untuk melengkapi alat/ perangkat alat percobaan, seperti gelas kimia, tabung reaksi, pipa kapiler, erlenmeyer, pelubang gabus, selang plastik, dst
c)      Alat peraga
a.       seperti Kit IPA, termasuk di dalamnya Model, torso, insektarium dan alat-alat lain yang serupa, digunakan untuk meragakan suatu struktur suatu obyek IPA
d)     Charta, foto, atau Bagan, digunakan untuk menjelaskan suatu hal;
e)      Perkakas dan alat penunjang
Seperti obeng, alat bor, tang, catut, gunting, soldier, alat pemadam kebakaran, Jas Lab, Masker, kulkas, dst yang digunakan untuk memperbaiki macam-macam peralatan lab Pengelompokan juga dapat didasarkan atas sifat peralatan. Menurut dasar ini, penataan alat-alat lab dapat dipisahkan menjadi beberapa kelompok, seperti (1) alat elektronik dan magnet, (2) alat optik, (3) kalor, (4) model, gambar atau bagan

a. DASAR PENATAAN ALAT LAB
• Prinsip kemudahan utk digunakan
• prinsip keamanan
• prinsip kerapian
• prinsip keterawatan
• efektivitas pengoperasian alat
• efisiensi
Pada penataan perabotan, perlu mempertimbangkan ruang
gerak (mobilitas) untuk kegiatan.

b. BAHAN PERTIMBANGAN PENATAAN
• jenis alat alat (Elektrik / Non Elektrik ?; Alat / perkakas?)
• tingkat resiko (Timbangan analit – mekanik yg mudah rusak ?, Alat gelas yg mudah pecah?, alat Listrik yg menggunakan daya cukup tinggi ?)
• sifat alat ( Mikroskop ?, alat dg bahan mudah terbakar ?, alat bahan besi yg mudah karat ? )
• kecanggihan alat
• kualitas alat
• jumlah alat tersedia
• bahan penyusun alat
• bentuk dan ukuran alat
• bobot/ berat alat
• Frekuensi penggunaan

c. PELETAKAN ALAT LAB TERSEDIA
1) Tempat/ Ruang : (a) di Ruang Kegiatan
(b) di Ruang preparasi
(c) di Gudang
(d) R. timbang
(e) Rumah kaca
2) Sarana :
(a) Lantai tepi Ruang Keg.
(b) Almari alat
(c ) Almasi display
(d ) Almari alat-alat penunjang
(e ) Meja
(F ) Dinding
3) Sifat Penempatan : 1) Permanen ;
2) Mobile – dapat dipindah
Contoh penataan
alat-alat yang sering digunakan, alat yang Boleh diambil sendiri oleh siswa dan alat yang
Mahal, penyimpanannya dipisah ?
alat untuk percobaan biologi / ipa dikumpulkan Menurut golongan percobaannya
alat-alat yang digunakan untuk beberapa jenis Percobaan disimpan tersendiri ditempat khusus.
alat-alat untuk percobaan biologi umumnya Disimpan menurut judul percobaan atau dapat
Dilakukan berdasarkan atas bahan alat .
alat-alat listrik (alat ukur & penunjang) diletakkan di dekat sumber listrik – Menyesuaikan dg instalasi
Sarana / alat keamanan lab ?
• instalasi air dg sistem pembuangan limbah
• saluran gas dengan kran sentral
• instalasi listrik dgn sekering / pemutus arus
• kotak p3k
• daftar no telepon lembaga terkait : dinas
Pemadam kebakaran, rumah sakit, dokter,
Kepolisian
• alat pemadam kebakaran yg siap pakai dan Mudah dijangkau
• bak berisi pasir kering dengan sekop
• selimut anti api
• tata tertib
• petunjuk penanggulangan kecelakaan

8.  ORGANISASI
ORGANISASI LABORATORIUM IPA SEKOLAH ;
o KEPALA SEKLAH
o WAKASEK BID KURIKULUM
o WAKASEK BID SARPRAS
o KOORDINATOR LAB
o LABORAN

9.  TUGAS KOORDINATOR LABORATORIUM
• Mengkoordinasi guru-guru ipa dalam penggunaan lab
 • mengusulkan kepada penanggung jawab lab untuk pengadaan alat dan bahan praktek

10. TUGAS LABORAN
• Mengerjakan tugas-tugas administrasi lab
• menyimpan semua alat dan bahan secara rapi Sesuai dengan jenisnya
• mempersiapkan dan menyimpan kembali alat dan Bahan yang telah digunakan
• merawat semua alat / bahan/ fasilitas lab
• bertanggung jawab atas kebersihan alat dan Ruang lab beserta perlengkapan lainnya

11.  ADMINISTRASI LAB
• Buku inventaris alat dan bahan
• kartu stok alat dan bahan
• kartu label jenis alat dan bahan
• formulir permintaan/peminjaman alat dan bahan
• buku harian
• kartu reparasi alat
• daftar alat dan bahan sesuai lks
• jadwal kegiatan/penggunaan lab
                                                                                           Ngroto ; 20 juli 2013
                                                                                           Pengelola Lab IPA



                                                                                           ( Muslim S.Pd. )
Mengetahui
Kepala Sekolah M.A Yaspia Ngroto                                 Kepala Sekolah M.Ts Yaspia Ngroto


( Drs. Dakok )                                                                  ( Sunardi S.E. )








DAFTAR PUTAKA

Hadiat (Ed.). 1984. Pedoman Pengelolaan Laboratorium IPA Jakarta: Ruzzmedia.
Sudharto. Dkk. 2000. Pegangan Guru Proyek Pengadaan Buku.  Jakarta : Depdikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional R.I. Tentang Standart Tenaga
Laboratorium Sekolah/ Madrasah. No. 26 Tahun 2008

Diposting oleh Ranum on Senin, 07 April 2014
categories: edit post

0 komentar

Posting Komentar

Entri Populer

Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates